MAJALAH LEMBAGA PERS MAHASISWA - SPIRIT MAHASISWA EDISI POTRET PENDIDIKAN MADURA

MAJALAH LEMBAGA PERS MAHASISWA - SPIRIT MAHASISWA EDISI POTRET PENDIDIKAN MADURA

LPM Spirit - Mahasiswa
Senin, 19 April 2021

 


Pada akhir tahun 2019 Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan jika angka buta aksara/huruf di pulau Madura masih relatif tinggi, dan menjadikan empat kabupaten di Madura menduduki peringkat teratas diantaranya Bangkalan,Sampang, Pamekasan dan Sumenep.


Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Bangkalan, salah satu lembaga yang ditunjuk negara dalam ihwal pendidikan, terkhusus mengurusi sumber daya masyarakat terkait ini membantah adanya dugaan masyarakat yang belum bisa membaca, dikarenakan sudah banyak program yang digencarkan diantaranya sekolah atap dan juga sistem kejar paket.


Para pakar sosiologi dan komunikasi bersepakat jika keadaan satuan pendidikan kita yang dinamis dan sering berubah-ubah, membuat chaos baik pendidik dan juga siswa.Bahkan sempat ditemui jika masyarakat lebih bisa dan mudah belajar ketika memakai bahasa daerah (Madura) dan yang memberikan metode pembelajaran menggunakan bahasa daerah adalah madrasah dan pondok pesantren, dimana tempat untuk mengenal pendidikan agama islam lebih baik, bukan sekolah formal yang mengajarkan membaca dan menulis.


Disisi lain kultur dan budaya masyarakat madura lebih cenderung tertarik belajar terkait agama, membuat masyarakat kurang percaya terhadap pendidikan dan sekolah formal.


Olehkarenaitu,Lembaga Pers Mahasiswa Spirit Mahasiswa mengusung permasalahan terkait angka buta huruf/aksara yang tinggi di Madura. Lewat beragam konten yang ada di dalamnya, majalah ini diharap bisa menjadi sarana edukasi yang mengembangkan wawasan baik mahasiswa UTM maupun masyarakat lain pada umumnya.


Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih, kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembuatan majalah ini. Sebagai komitmen terhadap isu yang kami bawa. Kami membuka ruang diskusi kritik dan saran kepada para pembaca guna pembenahan ke arah yang lebih baik lagi.


Unduh Majalah Di sini

Atau Baca di Sini