PKKMB Sakera 2024 Mengusung Tema Keberagaman Budaya

PKKMB Sakera 2024 Mengusung Tema Keberagaman Budaya

LPM Spirit - Mahasiswa
Selasa, 25 Juni 2024
               Sumber: YouTube PKKMB SAKERA

WKUTM – Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berencana melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sakera 2024 dengan tema “Lestari Budaya Nusantara Wujudkan Visi Trunojoyo Madura” selama tiga hari pada Senin (5/8) hingga Rabu (7/8).

Yuli Kurrotul Binti Aini selaku Ketua Pelaksana Mahasiswa PKKMB Sakera 2024 menjelaskan, tema tersebut diambil dikarenakan mahasiswa yang mendaftar di UTM pada tahun ini berasal dari beragam daerah.

”Mahasiswa yang mendaftar di UTM beragam budayanya, kemudian pak rektor juga ingin lulusan UTM menoreh banyak prestasi, sehingga dipupuk dari sekarang,” ungkapnya (23/6).

Sedangkan terkait rentetan PKKMB Sakera 2024, akan diawali dengan pelaksanaan Pra-PKKMB pada Sabtu (3/8) dalam rangka membuat koreografi dan pemberian tugas kelompok bagi mahasiswa baru.

”Setelah pembuatan koreografi, setiap kelompok mahasiswa baru diberi penugasan untuk mengecat atau menggambar tong sampah dengan tema kebudayaan di provinsi Indonesia yang telah ditentukan, kemudian tong sampah dibagikan kepada masyarakat Desa Telang sebagai bentuk pengabdian, agar masyarakat dan mahasiswa saling menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya (23/6).

Setelah itu, hari pertama PKKMB Sakera 2024, Senin (5/8) akan diisi dengan sosialisasi keamanan lingkungan kampus oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bangkalan; materi terkait kemahasiswaan, fasilitas dan lingkungan kampus, serta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Wakil Rektor (Warek) I, II dan III; hingga sesi berbagi oleh pengalaman oleh sejumlah alumni UTM.

Kemudian dilanjut pada hari kedua PKKMB Sakera 2024, Selasa (6/8) yang akan diisi dengan sosialisasi oleh Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) dan Klinik UTM, serta pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

”Hari kedua kita maksimalkan pengenalan UKM, dimulai penampilan UKM selama 10 menit, kemudian Maba diwajibkan mengunjungi minimal tiga stan UKM dengan bukti stempel, ini menjadi penugasan wajib,” ujarnya.

Sedangkan hari ketiga pelaksanaan PKKMB Sakera 2024, Rabu (7/8) pihak panitia akan mengundang Ultras masing-masing fakultas untuk melakukan penjemputan mahasiswa baru menuju PKKMB tingkat fakultas.

Adapun Rio Kurniawan selaku Ketua Pelaksana Dosen PKKMB Sakera 2024, mengungkapkan bahwa pihaknya juga berencana mengundang sejumlah tamu lainnya untuk memberikan materi dan sosialisasi peningkatan prestasi agar mahasiswa baru tergerak dan terinspirasi untuk meningkatkan prestasi.

”Rencananya kita undang Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, alumni UTM yang berkuliah di luar negeri, alumni yang menjadi anggota DPR-RI, Budayawan dan Presiden Gen Z Rian Fahardhi, kita sedang melobi pemateri itu,” tuturnya (24/6).

Rio berharap PKKMB Sakera 2024 dapat mendorong mahasiswa baru agar berlomba-lomba mengikuti kompetisi baik nasional maupun internasional dalam bidang akademik maupun non-akademik.

”Semoga PKKMB jadi inspirasi mahasiswa baru semangat berprestasi, memulai perkuliahan tidak hanya akademik saja, non akademik juga perlu diperhatikan. Prestasi akademik bagus, Kompetisi diluar juga dapat,” harapnya. (KHA/FRD)