Senin, 21 Agustus 2017

, ,

Perkuat Rasa Bela Negara Bersama Menteri Pertahanan

Ryamizard Ryacudu ketika menyampaikan kuliah tamu di Gedung Pertemuan UTM. Foto : Ardi

WKUTM - Mentri Pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu mengisi kuliah tamu di Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Acara yang digelar di Gedung Pertemuan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kuliah tamu yang dimulai pukul 09.30 WIB, dihadiri oleh Bupati, ketua DPRD, dan tokoh-tokoh penting lainnya se-Madura.

Dalam kuliah tamu tersebut, Ryamizard menuturkan beberapa alasan pentingnya bela negara untuk setiap warga indonesia. Diantaranya bela negara merupakan hak dan kewajiban bagi setiap warga negara dengan dasar negara yang jelas. Bela negara juga merupakan esensi nilai-nilai cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara. Dan terakhir, pria kelahiran Palembang tersebut menjelaskan bela negara juga merupakan bentuk dari kesetiaan pada pancasila sebagai ideologi.

Selain itu, Ryamizard juga menyerukan persatuan bangsa. Ia menyayangkan banyak konflik yang memecah belah bangsa dan membawa nama agama. Menurutnya, semua elemen bangsa merupakan satu kesatuan.

”Kesatuan persatuan adalah kekuatan kita. Kita satu, TNI-Polri harus bersatu bersama rakyat. Melawan TNI-Polri berarti melawan rakyat,” ujar purnawiran jenderal tersebut.

Moh. Syarif selaku Rektor UTM berharap dengan diselenggarakannya kuliah umum dengan materi bela negara ini, mahasiswa UTM bisa menerapkan esensi dari bela negara tersebut.

Syaban, mahasiswa baru asal Bangkalan merasa senang dengan kehadiran menteri pertahanan tersebut. Namun, ia juga mengaku tidak terlalu paham dengan apa yang disampaikan. ”Saya senang dengan kedatangan pak menteri, tetapi penjelasan kurang bisa dipahami. Karena pengeras suaranya belum terdengar jelas,” keluhnya. (Sir/Aww)



0 komentar:

Posting Komentar

Sastra