Rabu, 31 Mei 2017

, ,

BEM FISIB Adakan Program Pengajaran untuk Anak-anak Pelabuhan

Foto : Diko

WKUTM – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya Universitas Trunojoyo Madura (BEM FISIB UTM) tingkatkan kualitas mutu masyarakat madura dengan adakan kegiatan pengabdian dan pengajaran anak-anak di sekitar pelabuhan kamal. Kegiatan ini dilakukan setiap hari rabu dan jumat pukul tiga sore.

Menurut Miftahul Achyar selaku Gubernur BEM FISIB, secara umum kegiatan ini merupakan sarana mahasiswa untuk melatih kepekaan dalam persoalan sosial. Disamping itu, hal ini juga untuk membiasakan berada di tengah-tengah masyarakat tanpa menunggu tugas atau program terencana dari kampus.

“Tidak perlu kita menunggu tugas ataupun KKN untuk mengabdi pada Masyarakat. Artinya kita harus terbiasa bergerak atas dasar kesadaran kita sebagai manusia lebih-lebih sebagai mahasiswa”. Tutur mahasiswa prodi Psikologi semester delapan itu.

Program yang sudah terencana dari dua bulan yang lalu ini berawal dari pengalaman Mirna, selaku ketua pelaksana ketika melihat kondisi anak-anak disekitar pelabuhan Kamal yang hanya bermain saja. Kemudian hal itu diajukan dalam progam kerja BEM FISIB. Setelah disetujui kemudian diadakan open recruitment relawan pada progam ini.

Progam yang diberi nama Muroq ini diambil dari bahasa Madura yang artinya “pengabdian dan pengajaran”. Muroq lebih fokus pada kesenian seperti, menari, membuat puisi dan kerajinan ini bekerja sama dengan WBA (well being for apel) yaitu komunitas yang juga bergerak pada pengabdian masyarakat namun lebih kepada menulis dan membaca.

Ketika ditanya perihal dana, Mirna mengaku dana berasal dari uang kas BEM FISIB. ”kita anggarannya dari dana kas organisasi. kalau terdapat kekurangan, kita iuran dengan semua pihak yang terlibat,” ujar Mahasiswa asal jombang tersebut.

Kegiatan ini disambut baik oleh anak-anak pelabuhan, Yati misalnya. Ia merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini. ”Saya senang bisa belajar bersama, kumpul sama teman dan kakak-kakak yang baik” ucap Yati saat mengikuti Muraq sore tadi (24/05). (rar/aww)

1 komentar:

  1. Kerren juga beritanya, usahakan setiap jam ada berita tentang kampus

    BalasHapus

Sastra