Rabu, 17 Agustus 2016

,

Terlalu Lama, Upacara HUT RI Sebabkan Banyak Maba Sakit

Tampak beberapa mahasiswi tengah mendapat perawatan dari pihak kesehatan PKKMB karena kelelahan melakukan upacara HUT RI 71, Rabu (17/8). Foto : Ipul
WKUTM – Rabu (17/8), pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 71 yang bertepatan dengan pembukaan Pengenalan KehIdupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berakhir dengan banyak korban sakit. Durasi kegiatan yang memakan banyak waktu diduga menjadi penyebab 83 Mahasiswa Baru (Maba) harus dilarikan ke bagian kesehatan. Tidak hanya hari ini, pada saat geladi kotor kemarin (16/8) juga menyebabkan 36 Maba sakit.

Menurut Musvita selaku Koordinator Kesehatan, faktor utama penyebab banyaknya Maba sakit ialah tidak sarapan. Alhasil, sebagian besar Maba menderita maag dan tidak dapat mengikuti upacara hingga selesai. Selain itu, pusing juga menjadi salah satu penyakit yang dialami Maba saat terlalu lama berdiri. Seperti Dian Aulia Firdaus Maba Program Studi (Prodi) Manajemen, “ Kepala saya pusing dan ingin pingsan karena upacara yang lama,”keluhnya.

Namun, beberapa orangtua Maba telah mempersiapkan kondisi anaknya untuk mengikuti upacara, Homsiyah salah satunya. Ia mengaku telah memberitahukan kepada pihak panitia bahwa anaknya sedang melakukan rawat jalan. ”Anak saya sedang rawat jalan karena operasi. saya memberikan surat dari rumah sakit kepada panitia PKKMB supaya tidak diminta untuk melakukan kegiatan yang berat-berat, seperti berlari dan berpanas-panasan waktu upacara mengingat upacara itu lama,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Safi selaku ketua pelaksana PKKMB mengatakan kondisi fisik tiap individu yang mengakibatkan banyak mahasiswa sakit dan harus dirawat oleh pihak kesehatan. Hal senada juga diungkapkan oleh Presiden Mahasiswa (Presma) ”kondisi fisik setiap Maba kan berbeda, selain itu upacara juga kegiatan yang tidak sebentar. Sebab itu Maba jatuh sakit,”terang Fadhal.(SU/AWW)

0 komentar:

Posting Komentar

Sastra