Sabtu, 14 Desember 2013

Kuliah Tamu Indenpendensitas Media Massa Menjelang Pemilu 2014



http://static.skalanews.com/media/news/thumbs-396-263/iklan_media.jpeg          Spirit mahasiswa news-Mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Trunojoyo Madura  (UTM) yang tergabung dalam IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia) wilayah SMST (Surabaya, Madura, Sidoarjo, Tuban) mengadakan kuliah tamu stadium general dengan materi “Indenpendensitas Media Massa Menjelang Pemilu 2014”.
            Kuliah tamu diisi oleh pemateri Doni Maulana dari KPID Jawa Timur (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) dan Rudi Hartono dari AJI Surabaya (Aliansi Jurnalistik Independen). Serta diikuti oleh seluruh mahasiswa ilmu komunikasi Semester 1. Acara yang bertempat di ruang auditorium UTM, Rabu (11/12) tersebut, turut mengundang kepala prodi, dosen dan beberapa alumni ilmu komunikasi serta ketua Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) .
            “Kuliah tamu ini diadakan agar mahasiswa tidak mentah-mentah menelan informasi yang disajikan televisi. Sehingga mereka mampu bersikap kritis terhadap program-program televisi yang saat ini cenderung tidak independen” ujar M. Abdillah Rizal selaku ketua pelaksana.
            Dalam materinya, Rudi Hartono dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya menjelaskan tentang Pers dan indenpendensinya. Sementara Doni Maulana dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa timur mengatakan bahwa UU penyiaran pemilu perlu penyempitan dalam mendefinisikan kampanye melalui media massa. “Saat ini banyak, program televisi yang secara tidak langsung melakukan kampanye. Padahal media harus melayani semua golongan partai dan masyarakat sebagai wujud indenpendensi” jelasnya.
            Materi indenpendensitas media massa dalam kuliah tamu tersebut menjadi gambaran umum mahasiswa mengenai mata kuliah Hukum Media Massa yang akan diajarkan pada semester kedepannya. Sementara itu, secara tidak langsung mahasiswa baru ilmu komunikasi UTM telah dikenalkan mengenai IMIKI. (ris/isk)

Top Ad 728x90