Sabtu, 07 Oktober 2017

, ,

HIMAPIPA Selenggarakan Olimpiade Sains


WKUTM - Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMAPIPA) menggelar acara CHROMOSOM 3 (Challenge Road Moment at Science Olympiad) acara yang sudah tiga kali di gelar ini merupakan program kerja tahunan dari HIMAPIPA. Acara kali ini berupa Olimpiade Sains Tingkat SMP/MTs/Sederajat se-Madura pada Sabtu (07/10) di Aula RKBD Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Acara ini digelar untuk menanamkan daya saing di era global dengan memanfaatkan kearifan lokal. Selaku ketua pelaksana, Devi Novita Sari menuturkan, "Globalisasi berkembang pesat dan generasi muda dituntut oleh persaingan dan perkembangan zaman dengan memanfaatkan kearifan-kearifan lokal di bidang sains," tuturnya.

Para peserta berjumlah 443 siswa dari empat kabupaten di Madura, dan mengundang dosen-dosen Pendidikan IPA sebagai juri. Acara ini melalui beberapa tahapan, yakni seleksi rayon, semifinal, dan final. Seleksi rayon mengambil 20 pesera dari masing-masing kabupaten kemudian diambil 10 peserta dalam tahap semi final, setelahnya dipilih 3 peserta yang akan meraih juara 1, 2, dan 3.

Juara 1 diraih oleh  Nur Aini Fadilah (SMPN 01 Klampis)

Juara 2 diraih oleh Abdulloh Ibnu Nur A (SMPN 02 Bangkalan)

Juara 3 diraih oleh  Rifqi Hilman (MTsN 01 Sumenep)

Peraih juara pertama, Nur Aini Fadhilah mengungkapkan bahwa kesempatan ini sungguh luar biasa dan ia sangat bersyukur, apalagi berhasil meraih juara 1.

”Saya tidak menyangka mendapat juara 1, saya sangar bersyukur semoga prestasi ini bisa mengharumkan nama sekolah saya,” ungkapnya.


Panitia juga berharap untuk ke depan bisa lebih jauh menjangkau pelajar yang berada di kedalaman pulau-pulau yang ada di Madura. "Siswa yang dari kepulauan jarang yang datang, semoga untuk ke depan mereka bisa ikut serta," pungkas mahasisw semester 5 tersebut. (Wuk/Rfn)

0 komentar:

Posting Komentar

Sastra