Smart Class berbasis LCD

Smart Class berbasis LCD

LPM Spirit - Mahasiswa
Kamis, 28 Februari 2019
Salah satu fasilitas baru berupa LCD guna mendukung smart class yang sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh UTM


Penggunaan layar Liquid Crystal Display (LCD) 70 inch yang diletakkan pada beberapa kelas di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) merupakan bentuk upaya kampus memfasilitasi proses pembelajaran dalam kelas untuk penunjang sistem kelas pintar (smart class) berbasis komputer. Sistem ini sudah berlaku sejak perkuliahan awal semester genap kemarin. Hal ini juga bertujuan supaya tak terjadi ketertinggalan dengan perguruan tinggi lainnya. (28/02)

Staf Unit Layanan Pengadaan (ULP), Amrin Rozali, menjelaskan bahwa kampus memberikan LCD pada tiap masing-masing fakultas sebanyak lima buah. Total keseluruhan yakni 35 LCD. “Kita pastinya mau memberikan lebih banyak. Tetapi kembali lagi kepada anggaran dan pengajuannya. Ujarnya yang ditemui pada Kamis, 28 Februari 2019. “Kalau inginnya saya, dengan memakai sistem kelas seperti di Kuwonzo dengan LCD 90 inch berbasis touchscreen serta menggunakan absen cctv detector wajah. Tapi itu mahal,” tambah Amrin.

Pergeseran kelas yang berbasis proyektor menjadi LCD diharapkan dapat secara mudah menjangkau seluruh materi yang diberikan dosen kepada seluruh mahasiswa. ”Kita mengikuti zaman yang sedang ada. Kita tidak bisa memberlakukan kelas di UTM dengan proses pembelajarannya hanya pakai spidol atau kapur tulis,” jelasnya.

Menanggapi adanya LCD sebagai penunjang smart class, Mahasiswa Sosiologi, Armita, mengatakan bahwa ia senang akan pemberlakuan kelas yang berbasis-LCD yang menunjang pembelajaran di perkulihan.


Namun mahasiswa semester 4 ini juga menyayangkan bahwa seharusnya LCD diberikan kepada seluruh kelas supaya tidak menimbulkan kecemburan. “Sebaiknya semuanya kebagian,” ungkapnya. (Vira/Ben)