Sabtu, 20 Oktober 2018

Racana Trunojoyo Madura dan Rato Ebu Gelar Seminar Nasional Kepramukaan

Foto: Vir


WKUTM- Racana Trunojoyo dan Racana Ratu Ebu selenggarakan seminar nasional kepramukaan bertemakan "Peran Pramuka di Bidang Pendidikan" di gedung  Auditorium Universitas Trunojoyo Madura (UTM) pada (20/10).

Acara ini merupakan rangkaian dari ulang tahun Racana Trunojoyo dan Racana Ratu Ebu yang kesembilan.  Selain itu juga merupakan puncak dari Lagak (latihan gabungan) se-Madura yang dilaksanakan 18 Oktober kemarin.

Menurut Ria, selaku ketua pelaksana (ketupel), acara digelar untuk mengetahui peran dan sistem pramuka di dunia pendidikan. Selain itu, ia menambahkan bahwa, seminar ini baru pertama kali dilaksanakan di UTM. "Kemarin kita menyelenggarakan seminar bertema kewirausahaan, walaupun pada tahun 2014 sempat vakum," tambah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar tersebut.

Selain itu, acara yang diikuti oleh sebanyak 160-an peserta ini terdiri dari tiga komponen peserta yakni, dari Racana, SMA sederajat, dan umum,  dua belas diantaranya merupakan pangkalan SMA. Prosedur peserta dilakukan dengan  pengisian formulir melalui google formulir.

Seperti Nabila, mahasiswa PGSD yang menjadi peserta di seminar ini ia mengungkapkan adanya kegiatan ini baik apalagi bagi calon guru SD yang diharuskan memiliki wawasan kepramukaan.

Senada dengan itu, Muhammad Bassorudin, peserta SMA asal Jombang mengaku jika kegiatan ini bermanfaat, "Kebetulan saya mengajar pramuka di SD jadi ya sangat bermanfaat, untuk ke depan semoga pamfletnya tersebar rata supaya peserta lebih banyak dan lebih seru."

Ria mengungkap bahwa untuk peserta umum setelah acara ini selesai, mereka bisa pulang sedangkan untuk peserta dari Racana dan SMA diminta tetap tinggal.

"Untuk Racana dimohon  masih disini untuk evaluasi  begitupula yang peserta SMA sederajat, mereka masih harus melanjutkan lagak lagi." pungkasnya. (Yul/Wuk)

0 komentar:

Posting Komentar

Sastra