Rabu, 09 Mei 2018

,

Dies Natalis UKM-F Sabit Gelar Lomba Musikalisasi Puisi

Perwakilan dari SMKN 1 Labang sedang menampilkan musikalisasi puisinya. Foto: Dico.


WKUTM- Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Teater Sabit mengadakan lomba musikalisasi puisi tingkat SMA/MA/SMK sederajat se-Madura (09/05) di Gedung Audiotorium Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Acara ini diadakan dalam rangka Dies Natalis yang ke-4.

Acara kali ini mengangkat tema “Catur Berkat”, Cekatan Tindak Tutur Berproses Kuat. Lomba diikuti oleh para siswa SMA/SMK/MA dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. ”jatahnya dua puluh peserta, undangan kami sebar di SMA/sederajat yang ada di Madura. Selain itu, kami mendatangi sekolah-sekolah untuk menghantarkan surat undangan dan juga poster” ungkap Aulia Ilham Fahmi, selaku ketua pelaksana.

Rangkaian acara Dies Natalis Teater Sabit EKSOTIS 4 digelar dengan runtutan tiga acara. Pertama, khataman Al-Qur’an dan potong tumpeng, kedua perlombaan musikalisasi, dan ketiga pementasan drama Kisah Cinta Hari Rabu dan Tari Srikandi.

Menurut Syarifatus Sufia, selaku Humas pelaksana, perlombaan ini baru pertama kali sebab sebelumnya UKMF Sabit hanya mengadakan seminar.


Selain itu, menurut  Ketua Pelaksana pelombaan ini digelar untuk meningkatkan minat bakat kesenian serta mempromosikan UTM sendiri.  ”Kali ini dapat dilihat bahwa minat kesenian yang cukup bagus dari banyak kalangan dan  diharapkan agar peserta dapat lebih bisa mendalami kesenian” tambah Aulia

Prosedur lomba tiap peserta harus sudah melakukan registrasi sebelum tampil dan dinilai oleh tiga juri kemudian dipilih 3 juara. ”Nantinya juara satu akan tampil malam ini ketika pementasan drama dari divisi drama dan tari srikandi” jelas Aulia.

Aulia juga menambahkan bahwa perlombaan kali ini mengambil puisi dari dua tokoh Madura dan Nasional, yaitu Chairil Anwar dan D. Zawawi Imron. ”Jadi puisi diambil dari karya kedua penyair tersebut, untuk modifikasi penampilan, itu bebas,terserah dari peserta sendiri” tambah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia semester 6 tersebut.

Rosati Nur, peserta yang berasal dari SMAN 2 Sumenep mengaku bangga mengikuti lomba ini, walaupun dari jauh namun tetap bisa berpartisipasi. ”Acara ini sangat luar biasa, sebab dengan acara ini bisa menyaring bakat dan nantinya munculkan prestasi. Semoga saya dan teman-teman dapat membanggakan Sumenep itu sendiri, dan SMA ” harapnya.

Aulia mengungkapkan bahwa UKMF Teater Sabit akan menyuguhkan yang terbaik bagi penikmat seni. ”Semoga dengan acara ini bisa memperkenalkan Sabit dan diterima keseniannya, selain itu semoga adik-adik kelak jika di UTM mau bergabung” harapnya. (Yul/Wuk)



0 komentar:

Posting Komentar

Sastra