Rabu, 28 Maret 2018

,

KSR PMI UTM Adakan Kegiatan Donor Darah

Upacara pembukaan kegiata donor darah oleh KSR PMI UTM. Foto: Mili.


WKUTM-Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kembali menyelenggarakan donor darah yang bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) Kabupaten Bangkalan.  Donor darah kali ini mengangkat tema “Darahmu Bukti Cinta Untuk Sesama” pada hari rabu (28/03) di gedung Cakra lantai dasar.

Donor darah kali dimulai  pukul 08.30 yang dihadiri Kepala UTD Kabupaten Bangkalan, Dr. Rozi dan dan juga Presiden Mahasiwa UTM, Ahmad Zahid yang juga menjadi tamu undangan dalam acara tersebut.

Muhammad Miftahul Huda, selaku ketua pelaksana kegiatan donor darah mengungkapkan, bahwa acara tersebut diselenggarakan karena banyak mahasiswaUTM yang berminat donor darah namun tidak terfasilitasi.

 “Kami unit KSR PMI menfasilitasi mahasiswa yang ingin mendonorkan darahnya. Jadi, bisa langsung ke cakra. Tidak perlu jauh jauh ke bangkalan ataupun surabaya.” Ujarnya.

Huda juga menambahkan syarat-syarat yang harus dipenuhi serta mekanisme pendaftaran sebagai pendonor.

“Pertama dan pastinya melakukan registrasi di sekretariat KSR PMI. Lalu selanjutnya mengisi blanko yang disediakan. Kemudian dites kesehatan oleh pihak UTD. Kalau lolos ya ikut donor darah. Tapi kalau berat badannya tidak cukup atau darahnya tidak masuk kriteria, ya tidak boleh mendonorkan.” Tambah mahasiswa semester II tersebut.

KSR PMI UTM menyediakan sekitar sebanyak 400 kuota  pendonor yang ada di UTM. Yang kemudiaan dibawa ke penyimpanan darah di kantor UTD Kabupaten Bangkalan.

Huda juga menjelaskan keuntungan mengikuti donor darah. Yaitu seseorang yang mendonorkan darahnya bisa mengetahui penyakit yang ada di tubuhnya. Selain itu, donor darah dilakukan untuk membantu sesama.

“Salah satu keuntungannya yaitu kita mengetahui ada atau tidaknya penyakit di dalam darah. Karena jika ditemukan suatu penyakit, kita pasti memberikan sebuah surat keterangan. Selain itu juga bisa mengontrol dan memperlancar darah." ujar mahasiswa ekonomi pembangunan tersebut.

Dr.Rozi sangat memuji kegiatan donor darah yang rutin diadakan di UTM oleh KSR PMI UTM.

 “Acara ini harus sering diadakan oleh KSR PMI UTM. ini adalah  satu-satunya kegiatan donor darah yang ada di Kabupaten Bangkalan yang terdapat upacara seremonial.” Terangnya.

Linda sebagai salah satu pendonor mengungkapkan bahwa alasannya melakukan donor darah adalah karena di luar sana masih banyak orang yang sangat membutuhkan bantuan darah.

“Alasan utama sih memang darah itu sangat dibutuhkan dalam aspek kemanusiaan. Apa salahnya kita donor darah? Toh kalau kita rutin donor darah dan terjadwal makin membuat sehat tubuh kita sendiri. “ Jelas mahasiswa jurusan Sastra Inggris tersebut.

Huda berharap agar acara ini bisa terselenggara rutin dan semua civitas akademika di UTM ikut berpatisipasi.

“Harapan kedepan yaitu semoga acara ini terselenggara lebih baik lagi. Lalu semua pihak civitas akademika juga terus ingin berpatisipasi dalam acara donor darah ini yang kami selenggarakan secara rutin.” Pungkasnya.(Mil/Dic)

0 komentar:

Posting Komentar

Sastra