Sabtu, 02 Desember 2017

, ,

BNP Vol. 10 Angkat Tema Local Wisdom Madura

Foto : Time
WKUTM - Dalam rangka memperingati hari jadinya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musik B-Sing kembali menggelar B-Sing Night Party (BNP) Vol. 10. Acara yang dihelat di Gedung New Purnama, Bangkalan ini turut dimeriahkan dengan penampilan Khalifah Masyid Indonesia, Sabtu (2/12). Kolaborasi antara musik tradisional dan kontemporer antara UKM Nenggala dan B-Sing turut disuguhkan dalam perhelatan tahunan tersebut.

Dengan tajuk Local Wisdom, perhelatan BNP tahun ini disemarakkan dengan kontes dangdut dan peragaan busana batik. Diadakannya kedua kontes tersebut menurut Daniel Bobo selaku ketua pelaksana BNP, merupakan pengimplementasian dari local wisdom atau kearifan lokal Madura yang coba diangkat oleh B-Sing dalam acara ini. Selain itu, kedua kontes tersebut dipilih juga sebagai pembeda dari BNP di tahun-tahun sebelumnya.

Dipilihnya kontes dangdut juga dimaksudkan agar masyarakat Madura yang cenderung menyukai musik dangdut bisa berpartisipasi dalam acara ini. Sedangkan diselenggarakannya kontes peragaan busana batik, tidak lain karena batik merupakan salah satu ikon dari kebudayaan Madura. Oleh karena itu, diadakannya kontes tersebut juga sebagai ajang promosi dan penggalakan penggunaan batik, khususnya bagi kalangan pemuda Madura.

"Dangdut dan batik kan dekat dengan budaya masyarakat Madura. Kami (B-Sing) yang berdomisili disini, mencoba mengangkat kearifan lokal Madura yang sekaligus menjadi pembeda dari BNP yang sebelumnya," ujar mahasiswa asal Bojonegoro tersebut.

Pagelaran BNP sendiri mendapat sambutan meriah dari beragam kalangan. Nona, mahasiswa asal Magetan yang menghadiri acara tersebut memberikan apresias tinggi terhadap BNP tahun ini. "Acaranya keren. Tema dan rangkaian acaranya juga keren. Pokoknya keren semua," ungkapnya.

Selanjutnya setelah acara ini, Daniel berharap kontribusi yang coba dipersembahkan B-Sing dalam mengangkat kearifan lokal Madura dapat tercapai dengan baik. 

"Setelah acara ini digelar, kami harap apa yang menjadi tujuan awal B-Sing dalam mengangkat kearifan lokal budaya Madura dapat tercapai," pungkasnya. (sir/dul)

0 komentar:

Posting Komentar

Sastra