Kamis, 15 Juni 2017

, , ,

Buletin Oposisi Edisi Juni 2017


Sebagai miniatur negara, sebuah universitas tentu memiliki lembaga yang tidak jauh berbeda dengan negara pada umumnya. UTM memiliki lembaga ekskutif, legistaltif dan juga yudikatif. Ketiga hal tersebut terbentuk kedalam organisasi mahasiswa. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) serta Mahkamah Konstitusi Mahasiswa (MKM). Namun, didalam pelaksanaan tugas, ketiga lembaga tersebut masih belum dapat berjalan dengan lancar.

MKM yang merupakan lembaga yudikatif seharusnya dapat menyelesaikan sengketa antara organisasi mahasiswa. Sayangnya, hingga saat ini banyak sengketa antara organisasi mahasiswa tidak terdaftar dalam kasus yang harus diselesaikan oleh MKM. Sebab lembaga ini hanya bersifat pasif atau hanya menunggu pengajuan kasus dari Ormawa yang sedang bersengketa. Ironisnya, masih banyak mahasiswa yang tidak mengetahui fungsi MKM, bahkan tidak tahu apa itu MKM.

Disisi lain, perkara penyaluran minat bakat mahasiswa UTM melalui pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru juga mewarnai buletin ini dalam laporan khusus. Proses pembentukan UKM bukan hal yang mudah. Pasalnya, tidak hanya persyaratan administrasi yang harus di penuhi. Tetapi juga melihat visi misi, serta kualitas organisasi tersebut.


Dengan terbitnya Buletin Oposisi edisi 24 dengan tema “Menengok Kilas Balik Ormawa” oleh Lembaga Pers Mahasiswa Spirit Mahasiswa bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui dan mengkritisi bagaimana pembentukan ormawa serta dapat mengetahui fungsi dan kinerjanya. Sebab, ormawa dibentuk sebagai wadah untuk minat dan bakat mahasiswa. Selamat Membaca!

0 komentar:

Posting Komentar

Sastra