Senin, 08 Mei 2017

,

Pendaftar SNMPTN Kembali Mengalami Penurunan

Antrian verifikasi data calon mahasiswa baru UTM. Foto: Fahmi

WKUTM – Jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Tahun 2017 mengalami penurunan. Tercatat hanya 9.077 calon mahasiswa yang mendaftar melaluli jalur SNMPTN di UTM. Angka ini menunjukkan adanya penurunan pendaftar dari tahun sebelumnya yang mencapai angka 12 ribuan.

Menurut Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan Sistem Informasi (BAAKPSI), Supriyanto, hal ini terjadi karena adanya penurunan pagu yang ditetapkan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti). Sekolah menengah atas/sederajat yang terakreditasi A hanya bisa mendaftarkan 50 persen siswanya. Jumlah ini turun 25 persen dari tahun sebelumnya, dimana 75 persen peserta didik sekolah terakreditasi A mendapat kesempatan untuk mendaftarkan diri di jalur SNMPTN.

”Penurunan ini memang sudah dari pusat, Mas. Memang sudah dari sana ada pengurangan pagu buat sekolah-sekolah yang terakreditasi A dari tujuh puluh lima persen menjadi lima puluh persen di tahun ini,” ujarnya.

Dengan adanya kebijakan tersebut, Supriyanto menambahkan bahwa penurunan jumlah pendaftar tidak hanya terjadi di UTM saja, melainkan berimbas secara nasional. ”Tidak hanya disini (UTM) saja. Semuanya juga ikut turun,” tambah Supriyanto, kemarin.

Kepala BAAKPSI itu juga memaparkan jumlah pendaftar yang diterima di UTM. Terhitung sebanyak 1.482 pendaftar diterima pada seleksi tahap pertama. Hanya saja yang melakukan registrasi online sebanyak 1.201 pendaftar. Mengingat, jumlah pendaftar yang belum melakukan registrasi cukup banyak. Panitia pun memperpanjang waktu untuk peregistrasian online. Namun, hal ini tidak terlalu banyak membuahkan perubahan. ”Setelah batas waktu registrasi online diperpanjang, dari tiga ratusan pendaftar yang belum melakukan registrasi online hanya 22 anak yang memanfaatkan kesempatan itu,” imbuhnya.

Terakhir, dirinya meminta para calon mahasiswa untuk terus mencari informasi terbaru mengenai pendaftaran masuk di website resmi UTM. ”Untuk informasi bisa cek di web Trunojoyo, di PMB atau di Sidamaba,” pungkasnya. (sir/honk)

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90