Senin, 28 November 2016

,

UTM Adakan Program Beasiswa Baru


Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan program beasiswa unggulan UTM. Beasiswa ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa yang memiliki prestasi baik dalam bagian akademik dan non-akademik di tingkat nasional maupun internasional. Ini merupakan kali pertama UTM membuat beasiswa unggulan UTM.

Menurut Suprianto selaku Kepala Biro Administrasi Akademik dan Perencanaan Sistem Informasi (BAAKPSI) beasiswa unggulan UTM merupakan antisipasi dari isu mengenai ketiadaan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). “Sebenarnya beasiswa unggulan UTM ini bentuk pengganti dari beasiswa PPA yang kemarin katanya tidak ada, jadi ini program dadakan,”ujarnya.

Kuota yang disedikan untuk beasiswa unggulan UTM terdapat sebanyak 400 mahasiswa dari seluruh fakultas. Untuk secara teknik tidak jauh berbeda dengan pengumpulan data beasiswa PPA. Namun, beasiswa unggulan UTM menggunakan rekening bank Jatim untuk proses pencairan dananya.

Beasiswa unggulan UTM diambil dari dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Nantinya setiap mahasiswa yang menerima beasiswa ini, diperkirakan akan medapatkan dana sebesar Rp. 2.100.000. Nominal tersebut dirasa cukup memenuhi kebutuhan mahasiswa, selain itu juga sama dengan nominal beasiswa PPA.

Sampai saat ini, beasiswa unggulan UTM masih pada tahap penyerahan data dari fakultas ke pihak penyelenggara. “Untuk terakhir penyerahan data itu tanggal 25 November kemarin, tetapi masih saja ada data dari beberapa fakultas, jadi ya diundur beberapa hari lagi,” ucap ketua BAAKPSI tersebut.

Mendengar kabar beasiswa unggulan UTM, Nuruddin selaku mahasiswa Teknik Mekatronika mengaku senang, pasalnya beasiswa merupakan bentuk semangat untuk meraih prestasi. “Saya senang sekali ada beasiswa semacam itu, hal tersebut membuat saya terus semangat mengasah prestasi saya, jadi tidak sia-sia kalau juara,” ujar mahasiswa asal Sidoarjo tersebut seraya terkekeh.

Harapannya beasiswa unggulan UTM ini dapat terus berjalan setiap tahunnya. Meskipun masih harus melihat jumlah dana DIPA yang dimiliki UTM. “Saya berharap kalau beasiswa ini bisa ada setiap tahunnya mbak, tapi ya lihat dananya juga. Paling kalau dananya sedikit, diusahakan ada tetapi jumlahnya tidak sebanyak sekarang,” pungkas Suprianto. (Aww/Dul)

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90