Selasa, 15 November 2016

KAPPA






Judul Buku      : Kappa
Penulis            : Ryunosuke Akutagawa
Penerbit          : Pinus
Tebal buku      : 170 halaman

Kappa merupakan karya memukau hasil buah pikiran dari seorang yang paling terkemuka di Jepang. Novel Kappa menceritakan perjalanan seorang manusia yang tersesat di dunia Kappa. Manusia tersebut menemukan hal-hal yang tidak jauh berbeda dengan kehidupan pada umumnya. 

Novel ini menampilkan sindiran atas beberapa budaya Jepang. Selain itu, didalam novel Kappa juga membahas mengenai agama dan juga seni. Novel ini ditulis berdasarkan cerita salah satu pasien rumah sakit jiwa. Pasien tersebut dikenal dengan pasien nomor 23.

Kappa sendiri merupakan makhluk mitologi Jepang yang terkenal sebagai dewa air. Dalam legenda Jepang, Kappa digambarkan makhluk yang tinggal di sungai dan gemar menangkap anak kecil. Kappa akan menangkap anak kecil yang nakal. Pendeskripsian Kappa oleh Ryunosuke Akutagawa sendiri tidak jauh berbeda dengan penggambaran mitologi Jepang.

Novel ini merupakan gambaran dari latar belakang kehidupan penulis. Seperti pada pengambaran pemberantasan kaum jelek. Ryunosuke juga merasakan hal itu, ia terlahir dari seorang ibu yang mengalami gangguan kegilaan. Sebab itu, ia kemudian diberikan kepada keluarga Akutagawa Michiaki yang juga kakak dari Fuku, ibu Ryunosuke. Sayangnya ia baru resmi diadopsi pada saat menginjak SMP.

Tidak hanya itu, penyindiran terhadap penyensoran seni juga merupakan bentuk protes Ryunosuke yang merasa tidak dapat menemukan seni yang sebenarnya. Baginya seni merupakan untuk seni. Yakni murni tidak dipengaruhi oleh apapun dan juga siapapun.

Novel ini dapat dibaca oleh semua kalangan. Sebab Pembaca akan diajak memikirkan hal yang salah dan sebenarnya kerap kita alami dengan cara yang menggelitik. Kita juga akan diajak untuk memasuki perjalanan surealisme dunia Kappa dan manusia.

Diresensi oleh:
Alvi Awwaliya
Mahasiswa PRODI Ilmu Komunikasi Semester 5


0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90