Rabu, 16 Maret 2016

,

Mahasiswa Bidikmisi Keluhkan Perubahan Pencairan Living Cost

Mahasiswa Bidikmisi sedang melakukan pengecekan dana living cost

Berdasarkan pedoman pendanaan Bidikmisi 2016 tertulis jika penyaluran dana living cost bagi mahasiswa Bidikmisi akan diberikan 2 kali dalam satu semester. Untuk semester gasal pencairan dapat dilakukan setiap bulan September dan Desember, sedangkan semester genap pencairan bisa dilakukan bulan Maret dan Juni. Menanggapi adanya perubahan kebijakan tersebut banyak mahasiswa Bidikmisi mengeluh. Sebab selama ini pencairan dana living cost rutin turun setiap bulan.

Mei Novitasari mahasiswa Bidikmisi semester 4 contohnya dirinya mengaku merasa kesulitan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari akibat living cost yang belum cair. Selain itu dampak dari minimnya persediaan uang saku mempengaruhi proses belajar. ”Konsentrasi belajar saya menurun akibat terpecah saat mengingat beberapa kebutuhan yang belum tercukupi. Jika mau makan saja tidak bisa, lantas bagaimana jika harus berpikir jernih?,” keluh mahasiswa asal Lamongan itu.

Tidak hanya perkara kebutuhan primer yang belum bisa terpenuhi dengan baik, desakan kebutuhan penunjang aktifitas perkuliahan seperti buku dan peralatan lainpun menjadi bermasalah. Hal ini seperti dialami oleh Tafsyiratul mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi. ”Semester ini banyak sekali keperluan yang harus dibeli, sedangkan uang Bidikmisi belum dapat dipergunakan. Padahal saya mesti beli banyak peralatan tetapi uang belum cair,” ujarnya.

Menanggapi adanya perubahan regulasi tersebut Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan Sistem Informasi (BAAKPSI) selaku pihak pengelola Bidikmisi mengaku telah melakukan penjelasan ke setiap Fakultas bersama Pembantu Rektor III (PR 3). Kendati demikian, Supri sebagai pegawai BAAKPSI mengatakan jika ia tidak bisa berbuat banyak mengatasi permasalahan ini. "kita pihak kampus tidak tahu soal uang. Sebab pencairan dari pusat langsung diteruskan ke rekening mahasiswa,"ujarnya. (ALVI/ISK)

1 komentar:

  1. semoga mereka yang mendapat beasisiwa bidik misi memang orang yang tepat dan benar-benar membutuhkan

    BalasHapus

Top Ad 728x90