Senin, 04 Mei 2015

,

Jaring Ratusan Peserta, UKM Pramuka Mulai Dikenal


BERBARIS: Ratusan peserta perkemahan Pramuka Se-Jawa-Madura saat pembukaan kegiatan berlangsung di gedung Cakra UTM, Jumat (1/5) lalu. Foto: ISKAK/SM
Spirit Mahasiswa News – Perkemahan Pramuka Se-Jawa-Madura resmi dibuka, Jumat (1/5) pukul 10.00 di gedung Cakra Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Sedikitnya ada sekitar 380 siswa SMA sederajat turut berpartisipasi dalam kegiatan itu. Bahkan, para siswa dari berbagai daerah itu antusias dalam mengikuti serangkaian acara.

Pembantu Rektor III Budi Mustiko sekaligus pembina upacara pembukaan mengatakan, pemakaian tempat kegiatan perkemahan di UTM oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka sangat menguntungkan kampus. ”Biasanya saya dengar kemah-kemah itu di bumi perkemahan Cibubur Jakarta, tapi sekarang bisa dilaksanakan di UTM,” ujarnya.

Budi Mustiko juga memperkenalkan bentuk keorganisasian pada jenjang perguruan tinggi (PT) kepada peserta. Selain itu, dia juga menunjukkan prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh sebagian mahasiswa, baik dalam kancah nasional maupun internasional.

Sementara itu, ketua harian UKM Pramuka Yudi Widagdo Harimurti mengaku senang dengan kegiatan perkemahan tersebut. Itu dikarenakan dapat mengangkat citra UTM dan UKM Pramuka kepada peserta. Sebab selama ini UKM Pramuka belum begitu dikenal di luar. ”Sebenarnya di tingkat nasional sudah dikenal. Sering ikut-ikut latihan gabungan dan undangan-undangan ke luar. Cuma untuk perkenalan tingkat SMA kurang intens di masing-masing tingkat,” ungkap pria yang pernah menjabat pembantu rektor III itu.

Terpisah, Ketua Pelaksana Alvia Novebriati mengatakan, dalam perkemahan ini pihaknya mengambil tema ”Menciptakan pramuka yang berakhlak mulia, kreatif, inovatif, dan bebas narkotika”. ”Kami merasa bangga bisa menyelenggarakan kegiatan perkemahan ini, meskipun peserta yang ikut kurang dari separuh undangan. Mahasiswa angkatan 2013 itu juga merasa optimis jika tahun depan bisa menjaring peserta sampai Pulau Dewata,” tukasnya. (isk/gin)

Sastra