Jumat, 21 November 2014

,

Sosialisasi Tanggap Bencana UKM MPA-Ghubatras

Spirit Mahasiswa News - Dalam rangka pekan raya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) MPA-Ghubatras mengadakan berbagai acara, salah satunya yaitu sebuah seminar yang mengangkat tema "Sosialisasi Tanggap bencana" di Gedung Cakra Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Acara ini memang bukan seminar yang pertama kali diadakan oleh UKM MPA-Ghubatras, akan tetapi tema mengenai Sosialisasi Tanggap Bencana merupakan tema perdana yang mendatangkan para pembicara langsung dari Badan SAR Nasional (BASARNAS), Dinas Pemadaman kebakaran, dan Badan Penanggulangan Bencana. Alasan anggota UKM MPA-Ghubatras mengambil tema ini memang masuk akal, selain karena sering terjun ke alam bebas, juga untuk mengantisipasi terjadinya bencana, supaya tidak terlalu melibatkan banyak pihak dan bisa menjadi orang yang tanggap sehingga mampu segera melaksanakan pertolongan sendiri. Antusias warga kampus yang mengikuti seminar ini juga tidak sedikit, kebanyakan dari para peserta memang kumpulan mahasiswa yang masih aktif dalam organisasi pecinta alam ataupun yang sudah tidak aktif lagi. Anggota UKM MPA-Ghubatras sendiri juga pernah mengikuti seminar yang serupa di Surabaya, dan mereka juga telah mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti partisipasi anggota UKM MPA-Ghubatras dalam pencarian korban hilang di salah satu Gunung di Indonesia. ''Teman-teman mahasiswa bisa lebih antusias jika ada seminar masalah bencana, agar tidak perlu melibatkan orang banyak jika nanti terjadi bencana, seperti kebakaran. Walaupun sebenarnya itu tidak diharapkan, akan tetapi hanya sebagai antisipasi." Ujar M. Taufik Hidayat selaku Ketua Pelaksana Kegiatan seminar ini ketika diwawancara. (IKE/NOF)

Spirit Mahasiswa News - Dalam rangka pekan raya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) MPA-Ghubatras mengadakan berbagai acara, salah satunya yaitu sebuah seminar yang mengangkat tema "Sosialisasi Tanggap bencana" di Gedung Cakra Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Acara ini memang bukan seminar yang pertama kali diadakan oleh UKM MPA-Ghubatras, akan tetapi tema mengenai Sosialisasi Tanggap Bencana merupakan tema perdana yang mendatangkan para pembicara langsung dari Badan SAR Nasional (BASARNAS), Dinas Pemadaman kebakaran, dan Badan Penanggulangan Bencana.
           
Alasan anggota UKM MPA-Ghubatras mengambil tema ini memang masuk akal, selain karena sering terjun ke alam bebas, juga untuk mengantisipasi terjadinya bencana, supaya tidak terlalu melibatkan banyak pihak dan bisa menjadi orang yang tanggap sehingga mampu segera melaksanakan pertolongan sendiri. Antusias warga kampus yang mengikuti seminar ini juga tidak sedikit, kebanyakan dari para peserta memang kumpulan mahasiswa yang masih aktif dalam organisasi pecinta alam ataupun yang sudah tidak aktif lagi.
            
Anggota UKM MPA-Ghubatras sendiri juga pernah mengikuti seminar yang serupa di Surabaya, dan mereka juga telah mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti partisipasi anggota UKM MPA-Ghubatras dalam pencarian korban hilang di salah satu Gunung di Indonesia.

''Teman-teman mahasiswa bisa lebih antusias jika ada seminar masalah bencana, agar tidak perlu melibatkan orang banyak jika nanti terjadi bencana, seperti kebakaran. Walaupun sebenarnya itu tidak diharapkan, akan tetapi hanya sebagai antisipasi." Ujar M. Taufik Hidayat selaku Ketua Pelaksana Kegiatan seminar ini ketika diwawancara. (IKE/NOF)

Sastra