Kamis, 05 Desember 2013

Disiapkan 1.000 Calon Dosen di PTN dan PTS

Sebanyak 1.000 calon dosen yang telah memenuhi kualifikasi pendidikan minimal S-2 disiapkan untuk mengisi kebutuhan dosen di perguruan tinggi negeri dan swasta. Calon dosen ini disiapkan melalui program beasiswa unggulan dengan memilih mahasiswa berprestasi.

Supriadi Rustad, Direktur Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, mengatakan, 1.000 calon dosen itu melanjutkan pendidikan S-2 di dalam dan luar negeri, mengambil program studi strategis seperti teknik, sains, kesehatan, seni budaya, dan bahasa. Mengacu pada UU Nomor 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, PTN dapat megangkat dosen tetap non-PNS sesuai kebutuhan. Pemberian gaji diambil dari anggaran di tiap PTN.

Sementara itu, pada tahap awal, pemerintah akan memberikan tunjangan kepada calon dosen tersebut sebesar Rp 3 juta per bulan, dalam kurun September hingga Desember 2013. Selanjutnya, gaji dan tunjangan ditanggung PT tempat dosen tersebut.

Edy Suandi Hamid, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia, mengatakan, dukungan pemerintah untuk menyiapkan dosen berkualitas di PTS tentu sangat membantu pengembangan mutu PTS sehingga pemerataan mutu terjadi di semua perguruan tinggi, baik milik negeri maupun swasta.

by Acdp Indonesia

Sastra